Hosting Unlimited Indonesia

Friday 29 May 2020

Panduan Membuat Blog (Metode Inti Bagi Pemula)

Salam hangat dari kami, CaBaca Trends.


Tulisan kali ini akan membahas tentang bagaimana membuat blog untuk pemula.

Kenapa saya kembali membagikan tulisan ini? Karena banyak dari pertanyaan teman-teman bagaimana cara membuat blog yang bisa sukses.

Maka dari itu, saya membagikan kembali tulisan ini kepada teman-teman tentang bagaimana membuat blog.

Hal ini berlaku untuk teman-teman yang ingin membuat blog atau mengelola blog bagi pemula.

Saya akan memulainya dari awal terlebih dahulu.

Apa Itu Blog?

Blog merupakan anak dari website, yang berisi konten-konten pribadi atau informasi yang ditulis oleh penulis itu sendiri.

Jadi, blog itu tempat Anda menyalurkan hobi, berbagi informasi atau membagikan panduan serta tips dan trik kepada calon pembaca Anda.

Secara umum memang blog akan diartikan seperti itu.

Sedangkan website itu menawarkan produk (produk digital atau non digital) yang biasanya dikerjakan oleh beberapa orang atau perusahaan.

Sekilas itulah gambaran umum tentang blog. Saatnya Anda membuat blog.

MEMBUAT BLOG 

Membuat blog cukup mudah tidak seperti membuat website dan pertama yang Anda harus lakukan yaitu,

Mengunjungi situs platform blog

Ada banyak situs platform penyedia blog namun yang paling dikenal adalah Blogger dan Wordpress.
Panduan ini hanya berfokus pada Blogger.
Kunjungi situs berikut ini : www.blogger.com

Kemudian lakukan login untuk memasukkan alamat gmail Anda. Jika Anda belum memiliki alamat gmail silahkan daftar terlebih dahulu.

Ketika Anda telah melakukan login, Anda harus mengisi kolom sesuai dengan nama penulis Anda.

Misalnya nama Anda, inisial Anda, atau selainnya.

Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman membuat blog kemudian pilih Buat Blog Baru

Tampilannya akan seperti ini.
Anda harus mengisi kolom "judul" dan "alamat" untuk bisa membuat blog.
  • Judul, merupakan nama blog Anda.
  • Alamat, merupakan alamat blog Anda yang dapat diakses di Google.
  • Template, merupakan tampilan blog Anda maka dari itu, pilih sesuai dengan yang Anda inginkan.
Tips:
  • Nama blog mudah diingat
  • Nama blog memberitahu isi konten
Dan akhirnya blog Anda telah selesai kemudian langkah selanjutnya adalah cara mengelola blog Anda.

MENGELOLA BLOG

Dalam mengelola blog yang paling diperhatikan adalah konten blog Anda. Maka dari itu Anda harus membuat konten blog yang mampu menarik calon pembaca Anda.

Saya akan memulainya dari yang paling dasar terlebih dahulu.

Membuat Konten Blog

Ada dua macam tipe seorang blogger dalam membuat konten yaitu membuat konten pribadi dan membuat konten informasi. Namun, saya akan berfokus pada konten informasi.

Pada umumnya konten yang satu ini biasanya membahas tentang panduan, tata cara, tips dan trik, review dan informasi yang berguna bagi pembacanya. Beda dengan konten pribadi hanya menyalurkan hobi menulis saja.

Konten yang bersifat informasi harus memiliki kriteria berikut ini:
  • Judul tulisan harus menarik.
Hal ini bertujuan agar supaya calon pembaca mau mengunjungi blog Anda, walau itu hanya judul tulisan saja.
  • Menjelaskan secara lengkap dan detail
Hal ini bertujuan untuk membangun pembaca yang loyal dan pengunjung dari Google. Apa gunanya judul yang menarik jika pembahasannya tidak menarik seperti judulnya.
  • Tulisan mudah dipahami.
Sebelum Anda membagikan tulisan ke sosial media, terlebih dahulu pastikan tidak ada cacat kata yang mengganggu pembaca dalam memahami tulisan Anda. Mudah dipahami bagi pembaca adalah nilai plus bagi blog Anda.

Lalu bagaimana membuat konten blog yang benar dan baik?

Terlebih dahulu Anda harus mengetahui konten yang disukai oleh Google.
  1. Tulisan Anda menjadi pemecah masalah bagi pembaca.
  2. Tulisan Anda membahas secara lengkap dan detail.
  3. Tulisan Anda bukan dari hasil copy paste.
  4. Tulisan Anda banyak dibagikan ke sosial media.
Jika Anda mampu melakukan empat poin tersebut, konten Anda akan berpeluang besar menduduki halaman pertama Google.

Dalam membuat konten blog harus memperhatikan hal berikut ini:
  • Buatlah sesuai dengan kehalian/minat/bakat Anda.
  • Terapkan pada konten Anda SEO On-page
  • Penulisan jelas dan mudah dipahami
  • Konsisten membuat tulisan dan panjang tulisan
  • Review kembali tulisan Anda
Setelah mengetahui poin tersebut, ada juga beberapa poin yang bisa disebut konten berkualitas.
  • Mampu memberikan manfaat bagi pembacanya
  • Membuat pembaca berlama-lama diblog Anda
  • Mampu memberikan perasaan bagi pembacanya
  • Pembahasan lengkap dan detail serta mudah dipahami
  • Mampu memberikan solusi bagi pembacanya

SEO On-Page

Apa itu SEO On-page? Sederhananya adalah mengoptimasi konten ke tingkat lanjut.

Bagaimana cara mengoptimasinya?

1. Konten berkualitas
Seperti yang dibahas sebelumnya, membuat konten bagi pembaca Anda, memberikan solusi, bermanfaat, dan konten mudah dibagikan ke sosial media.

2. Keyword/Kata kunci
Anda harus memahami hal seperti ini, sebab ini menjadi dasar pondasi Anda untuk bisa bersaing di halaman pertama Google.

Jika belum tahu apa itu Keyword? Langsung contohnya saja.

Saya akan menggunakan keyword/kata kunci untuk mesin pencari Google "membuat Blog" maka yang akan Google tampilkan adalah judul konten tentang "membuat blog"

Keyword menuntut pembaca untuk menemukan blog Anda. Jadi jangan heran banyak blogger yang bersaing dalam hal ini, menduduki halaman pertama Google.

Kemudian, bagaimana cara menggunakannya?

Anda harus memperkirakan kata kunci apa yang sering dicari oleh pengguna internet di Google (sesuai dengan niche blog Anda) atau bisa menggunakan tools-tools keyword.

Terapkan keyword pada judul, isi, dan url konten blog Anda.

3. Judul yang menarik
Judul konten merupakan pandangan pertama bagi calon pembaca Anda. Jika judul konten Anda tidak dapat menimbulkan perasaan bagi calon pembaca Anda maka sedikit yang akan me-klik konten.

4. URL/Alamat yang deskriptif
Dalam penulisan url, disarankan harus singkat dan jelas.

Contoh:

Jika tulisan Anda tentang "blogging"

CaBacatrends.com/blogger-sukses-indonesia

Usahakan url Anda singkat dan deskriptif serta mengandung kata kunci.

5. Pasang gambar/video di konten Anda
Gambar/video juga berperan penting dalam mengoptimalkan konten blog Anda.

Selain memudahkan pembaca memahami tulisan Anda juga dan bisa juga menghilangkan rasa bosan bagi pembaca Anda.

Bayangkan jika semuanya hanya tulisan pastinya bosan.

6. Internal link
Pada umumnya internal link ini muncul disetiap akhir paragraf atau menjelaskan tulisan lainnya.

Seperti,

Baca juga:
1. Internal link
2. Internal link
3. Internal link

Hal seperti ini sangat berguna bagi blog Anda, bertujuan agar supaya pembaca Anda bisa melakukan penelusuran lebih lama pada blog Anda dan menurunkan rate bounce blog Anda (pembaca meninggalkan blog Anda)

7. Eksternal link
Khusus untuk pemula, pada umumnya mereka membutuhkan ide konten atau bahan untuk tulisan mereka.

Maka, terapkan eksternal link pada konten blog Anda agar supaya pembaca Anda tahu dari mana asal konten ini.

Memang tidak berpengaruh bagi peringkat blog Anda tapi untuk meningkatkan otoritas blog Anda yang pemula, ini hal perlu Anda lakukan.

8. Meta deskripsi
Jika Anda melihat judul tulisan di Google, dibawah judul ada penjelasan singkat tentang tulisan.

Itulah yang dimaksud dengan meta deskripsi.

Ini tidak terlalu berpengaruh bagi pembaca yang langsung klik tapi ini berpengaruh dalam kualitas konten blog Anda.

9. Navigasi share dan kecepatan blog
Konten yang dapat membuat pembaca membagikannya ke sosial media.

Merupakan konten yang berkualitas dihadapan Google.

Keadaan seperti ini mampu membuatnya berkualitas disebabkan hampir semua pengguna smartphone memiliki sosial media.

Banyak pembaca yang berdatangan ditambah mampu memberikan solusi bagi pembaca Anda.

Sedangkan, kecepatan blog juga berpengaruh. Semakin lambat calon pembaca mengakses blog Anda, semakin cepat juga mereka mencari blog lainnya.
Memaksimalkan konten blog Anda berarti meningkatkan otoritas blog Anda
Secara sederhana 9 poin ini menjelaskan bagaimana mengotimalkan konten blog Anda dengan metode SEO On-page.

Ada juga metode SEO Off-page tapi apalah guna jika SEO On-page Anda tidak bisa Anda optimalkan.
Jika Anda paham, mulai dari sekarang Anda membuat konten berkualitas untuk pembaca Anda dan Google.

Selanjutnya adalah bagaimana Anda konsisten dalam membuat konten.

Berapa banyak kata yang dibutuhkan dalam membuat konten yang berkualitas?

Jawabannya

Semakin banyak kata dalam konten Anda semakin bagus kualitasnya.

Denga syarat:
  1. Mudah dipahami
  2. Menjelaskan secara detail
  3. Memberikan manfaat
  4. Memberikan solusi
Namun, pakar SEO dan blogger-blogger sukses pada umumnya menyederhanakannya dalam bentuk bilangan mulai dari 1000, 1500 atau 2500 kata.

Catatan,

Ketika Anda telah selesai membuat konten terlebih dahulu lakukan pemeriksaan sebelum membagikannya.

Bertujuan menghilangkan cacat kata atau kalimat yang sulit dipahami pembaca Anda.

Lakukan secara konsisten dalam membuat konten berkualitas.

Jika Anda mampu menerapkannya, dikemudian hari Anda akan menuai hasil dari usaha Anda.
Diterima sebagai publisher adsense
Semoga panduan ini bermanfaat untuk Anda yang ingin membuat blog bagi pemula.

Panduan ini telah saya terapkan selama saya menekuni dunia blog mulai dari tahun 2013.

Walau banyak kendala dalam mengembangkan blog hingga sukses dengan panduan ini bisa meminimalisir kesalahan dalam mengelola blog bagi pemula.

Tahap akhirnya adalah mengganti template/tampilan blog Anda.

Dalam mengganti template blog, cari atau beli template yang SEO Frendly.

Dan jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog-blog tentang blogging agar supaya Anda tidak ketinggalan update dari Google dan menambah wawasan Anda.

Jika Anda menyukai artikel ini silahkan bagikan ke sosial media Anda dan jika Anda memiliki tanggapan silahkan kirim di kolom komentar.

Salam hangat dari kami, sekian dan terima kasih.

Add Comments


EmoticonEmoticon