Hosting Unlimited Indonesia

Wednesday 13 May 2020

Penjelasan Bisnis MLM Tentang Haram Dan Halalnya

Salam hangat dari kami, CaBaca Trends.

Tulisan kali ini akan membahas tentang bisnis online.

Kami pikir semua orang tahu tentang bisnis online itu seperti apa. Hanya mereka yang tidak ingin berurusan dengan teknologi saja yang kurang akan pengetahuan bisnis online.

Tapi kami tidak akan membahas tentang pribadi mereka melainkan tentang kenapa semua bisnis online selalu dikaitkan dengan hal negatif seperti money game.

Sebenarnya dalam bisnis ada yang dimaksud dengan MLM (Multi Level Marketing) dan disinilah semua hal negatif bermula.

Tapi, perlu Anda tahu bahwa tidak semua MLM itu haram.

Majelis Ulama Indonesia mengatakan bahwa MLM tidak bisa disama ratakan semua haramnya.
MLM itu sebagai salah satu penjualan langsung pada umumnya namun yang didalam bisnis itu yang membuatnya bisa haram.

Seperti, adanya skema money game, ponzi (modus investasi palsu) dan sistem piramida yang bisa berdampak merugikan pada anggotanya.

Dilain sisi, ada juga bisnis MLM yang telah mendapat sertifikat halal oleh badan Dewan Syariah Nasional MUI. Seperti, PT Herba Penawar Al Wahida Indonesia, PT Singa Langir Jaya, PT Nusantara Sukses Selalu, PT K-Link Nusantara, PT UFO BKB Syariah, PT Momen Global Internasional, dan yang umum dikalangan masyarakat menengah kebawah yaitu PT Veritra Sentosa Internasional atau PayTren dan masih ada bisnis lainnya.

Syarat Bisnis MLM (Halal)

Sesuai dengan fatwa No: 75/DSN MUI/VII/2009 yang disahkan pada tanggal 25 Juli 2009.

Sesuai dengan fatwa tersebut, anggota DSN MUI, Dr. H. Moch. Bukhori Muslim, Lc., M.A

Menerangkan syarat-syarat bagi MLM yang diperbolehkan (halal)

Ketentuan Umum

  1. Penjualan Langsung Berjenjang adalah cara penjualan barang atau jasa melalui jaringan pemasaran yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha kepada sejumlah perorangan atau badan usaha lainnya secara berturut-turut.
  2. Barang adalah setiap benda berwujud, baik bergerak maupun tidak bergerak, dapat dihabiskan maupun tidak dapat dihabiskan, yang dapat dimiliki, diperdagangkan, dipakai, dipergunakan, atau dimanfaatkan oleh konsumen.
  3. Produk jasa adalah setiap layanan yang berbentuk pekerjaan atau pelayanan untuk dimanfaatkan oleh konsumen.
  4. Perusahaan adalah badan usaha yang berbentuk badan hukum yang melakukan kegiatan usaha perdagangan barang dan atau produk jasa dengan sistem penjualan langsung yang terdaftar menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  5. Konsumen adalah pihak pemakai barang dan atau jasa, dan tidak untuk diperdagangkan.
  6. Komisi adalah imbalan yang diberikan oleh perusahaan kepada mitra usaha atas penjualan yang besaran maupun bentuknya diperhitungkan berdasarkan prestasi kerja nyata, yang terkait langsung dengan volume atau nilai hasil penjualan barang dan atau produk jasa.
  7. Bonus adalah tambahan imbalan yang diberikan oleh perusahaan kepada mitra usaha atas penjualan, karena berhasil melampaui target penjualan barang dan atau produk jasa yang ditetapkan perusahaan.
  8. Ighra’ adalah daya tari luar biasa yang menyebabkan orang lalai terhadap kewajibannya demi melakukan hal-hal atau transaksi dalam rangka mempereroleh bonus atau komisi yang dijanjikan.
  9. Money Game adalah kegiatan penghimpunan dana masyarakat atau penggandaan uang dengan praktik memberikan komisi dan bonus dari hasil perekrutan/pendaftaran Mitra Usaha yang baru/bergabung kemudian dan bukan dari hasil penjualan produk, atau dari hasil penjualan produk namun produk yang dijual tersebut hanya sebagai kamuflase atau tidak mempunyai mutu/kualitas yang dapat dipertanggung jawabkan.
  10. Excessive mark-up adalah batas marjin laba yang berlebihan yang dikaitkan dengan hal-hal lain di luar biaya.
  11. Member get member adalah strategi perekrutan keanggotaan baru PLB yang dilakukan oleh anggota yang telah terdaftar sebelumnya.
  12. Mitra usaha/stockist adalah pengecer/retailer yang menjual/memasarkan produk-produk penjualan langsung

Ketentuan Hukum

  1. Adanya obyek transaksi riil yang diperjualbelikan berupa barang atau produk jasa.
  2. Barang atau produk jasa yang diperdagangkan bukan sesuatu yang diharamkan dan atau yang dipergunakan untuk sesuatu yang haram.
  3. Transaksi dalam perdagangan tersebut tidak mengandung unsur gharar, maysir, riba, dharar, dzulm, maksiat.
  4. Tidak ada kenaikan harga/biaya yang berlebihan (excessive mark-up), sehingga merugikan konsumen karena tidak sepadan dengan kualitas/manfaat yang diperoleh.
  5. Komisi yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota baik besaran maupun bentuknya harus berdasarkan pada prestasi kerja nyata yang terkait langsung dengan volume atau nilai hasil penjualan barang atau produk jasa, dan harus menjadi pendapatan utama mitra usaha dalam PLBS (Pedoman Penjualan Langsung Berjenjang Syariah)
  6. Bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) harus jelas jumlahnya ketika dilakukan transaksi (akad) sesuai dengan target penjualan barang dan atau produk jasa yang ditetapkan oleh perusahaan.
  7. Tidak boleh ada komisi atau bonus secara pasif yang diperoleh secara reguler tanpa melakukan pembinaan dan atau penjualan barang dan atau jasa.
  8. Pemberian komisi atau bonus oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) tidak menimbulkan ighra'.
  9. Tidak ada eksploitasi dan ketidakadilan dalam pembagian bonus antara anggota pertama dengan anggota berikutnya.
  10. Sistem perekrutan keanggotaan, bentuk penghargaan dan acara seremonial yang dilakukan tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan aqidah, syariah dan akhlak mulia, seperti syirik, kultus, maksiat dan lain-lain.
  11. Setiap mitra usaha yang melakukan perekrutan keanggotaan berkewajiban melakukan pembinaan dan pengawasan kepada anggota yang direkrutnya tersebut.
  12. Tidak melakukan kegiatan money game.
Sesuai dengan fatwa tersebut, sekarang tergantung masyarakat agar supaya cerdas dan cermat dalam membedakan MLM yang haram dan halal.

Kenapa MLM Haram?

Kenapa MLM bisa haram? Apa yang menyebabkannya haram?

Sesuai dengan Musyawarah Nasional Alim Ulama, Nahdatul Ulama. Menegaskan bahwa bisnis multi level marketing itu haram.

Hal ini berlaku untuk MLM dengan skema piramida, matahari atau ponzi. Seperti yang dijelaskan oleh Ketua Pengurus Besar NU Said Aqil Siroj

"bisnis MLM sama halnya dengan money game yang mengandung unsur manipulasi dan tidak transparan, ada pihak yang dirugikan, mengandung kezaliman dan syaratnya menyalahi prinsip akad Islam, serta transaksinya berupa bonus bukan uang. Tapi kalau memenuhi syarat yang normatif, yaitu transparan, mendapatkan bonus selain barang, maka itu baru dihalalkan"

Karena sistem dari bisnis ini menyalahi aturan syariat ditambah dengan adanya keadaan yang terselubung yang dapar menyebabkan adanya korban bisnis ini.

Ketentuan Haramnya MLM

  1. Adanya uang pendaftaran atau dibarengi dengan pembelian produk yang menjadi syarat pula untuk mengikuti kegiatan bisnisnya serta dalam pencarian mitra. Dari pembelian barang itu akan menghasilkan bonus atau komisi.
  2. Adanya ketergantungan pada setoran dari member baru untuk survive dan untuk menguntungkan member lama.
  3. Rancangan pemasarannya menghasilkan bonus atau komisi dan penghargaan lain berdasarkan dari kegiatan tertentu.
  4. Produk yang diperdagangkan bisa didapatkan secara gratis atau lebih murah atau dalam kasus lain manfaat produk tidak sesuai dengan apa yang diiklankan.
  5. Dalam bisnis MLM Piramida dan Matahari bonus merekrut anggota jauh lebih besar dibandingkan dengan bonus dari manfaat produk itu sendiri.
Seperti halnya dengan bisnis yang menggunakan skema matahari, calon member membayar uang senilai Rp 3 Juta agar supaya bisa melakukan perjalanan keluar negeri. Dengan syarat, mampu mengumpulkan 10 Anggota dan jika si member tidak mampu mengumpulkan maka uang yang sebelumnya itu akan hangus dan dialihkan ke perusahaan.

Sama halnya dengan skema ponzi atau gali lubang tutup lubang (modus investasi palsu) seperti menjual barang namun barang tidak ada atau membeli barang namun barangnya tidak ada (tidak jelas asalnya) pemain traffic saham/uang elektronik.

Jelaskan kenapa MLM itu haram, agar supaya Anda bisa terhindar dari penipuan bisnis dan tidak merugikan Anda.

Ketika Anda menelusuri tentang hukum islam tentang MLM itu haram atau halal. Anda hanya akan menemukan fatwa DSN MUI dan NU tidak ada hal lain lagi. Walau kedua bela pihak berbeda pendapat pada pandangan perspektif saja diakibatkan zaman yang modern ini.

Menetapkan fatwa No: 75/DSN MUI/VII/2009 yang disahkan pada tanggal 25 Juli 2009.

Sekarang, bagaimana Anda harus cerdas dan cermat menentukan hukum halal dan haramnya bisnis tersebut sebelum tergabung didalam bisnis.

Inilah yang dapat kami bagikan dalam tulisan ini, tentang halal dan haramnya sistem bisnis MLM.

Jika Anda menyukai tulisan ini silahkan Anda bagikan ke sosial media dan jika Anda memiliki tanggapan tentang tulisan ini silahkan kirim di kolom komentar.

Salam hangat dari kami, sekian dan terima kasih.

Tuesday 5 May 2020

Perbedaan Pasif Member Dan Aktif Member Jempol Preneur

Salam hangat dari kami, CaBaca Trends.

Artikel ini masih berkaitan dengan Mengenal Dan Mulai Bisnis Online Jempol Preneur. Tapi, pembahasan kali ini adalah apa yang ada didalam JempolPreneur.com

Kami akan berperan sebagai seorang yang melakukan review dan tidak akan melebihkan status pasif member atau aktif member.

Setiap pagi, ketika kami sedang mengamati alur bisnis ini. Orang-orang yang tergabung hanya akan mendapatkan status pasif member dan ketika telah melakukan pembayaran dengan total yang telah ditentukan pihak Jempol Preneur. Mereka akan langsung berganti status ke aktif member.
Dan itu adalah hal dasar dari bisnis ini, tergabung sebagai anggota bisnis.

Namun, 80% member memilih untuk tinggal di grup pasif member atau memilih keluar dari grup dan 20% telah melakukan upgrade ke aktif member.

Terbilang angka yang sangat kecil.

Tapi pertanyaannya, apa perbedaan pasif member (80%) dan aktif member (20%) untuk bisnis Jempol Preneur?

Kami akan memulai dari awal pendaftaran sebagai anggota.

Pasif Member

Seperti yang telah kami jelaskan pada tulisan sebelumnya bahwa, pasif member hanya bisa mengakses kelas bisnis pada Jempol Preneur.

Anda tidak perlu memaksakan diri Anda untuk memulai suatu bisnis ketika Anda masih ragu atau belum memiliki modal yang cukup (kecuali memang tidak mau)

Anda perlu ingat ini,
Semua bisnis online butuh modal
Ketika Anda meragukan pernyataan tersebut berarti Anda masih belum melakukan bisnis apapun.

Tindakan dan pilihan ada pada Anda. Pilihlah dengan bijak.

Bagi pasif member mendapatkan kelas bisnis secara gratis dari Jempol Preneur sudah terbilang luar biasa ditambah Anda dapat menjalin komunikasi dari member berbagai kota di Indonesia.

Tidak perlu berkecil hati, kalian telah menjadi sosok luar biasa. Tinggal bagaimana cara Anda mengelola hal yang gratis itu menjadi penghasilan.

Walau tidak secepat aktif member dalam berpenghasilan. Tapi cara ini cukup efektif untuk membuatnya berpenghasilan.

Tapi, kami tidak akan menjelaskan cara tersebut pada tulisan kali ini.

Ketika Anda mendapatkan kelas bisnis secara gratis. Jangan pernah Anda sia-siakan.

Ini yang menjadi perbedaan besar antar member (pasif dan aktif) yaitu menyia-nyiakan ilmunya.

Tidak masalah ketika Anda mampu menemukan solusi dari masalah bisnis tersebut. Tapi, bagaimana ketika Anda hanya diam dan tidak tahu apa-apa?

Dan Anda masih mengeluh kemudian, menyalahkan bisnis tersebut.

Ketika Anda masih belum bisa berganti status ke aktif member. Maka, manfaatkan kelas bisnis yang diberikan Jempol Preneur.

Untuk mendapatkan kelas bisnis gratis dari Jempol Preneur, silahkan Anda kunjungi websitenya di
Jempol Preneur

Aktif Member

Seperti dengan namanya aktif member pasti mendapat hak spesial dari pada pasif member. Dari 80/20 bilangan kecil inilah keanggotaannya aktif.

Tidak seperti pasif member. Mereka adalah orang-orang nekat. Mencoba berganti status dan bertaruh dengan bisnis yang terbilang masih anak-anak.

Tapi hasilnya mereka mendapatkan ilmu bisnis dan mendapatkan penghasilan.

Aktif mendapatkan hak spesial.
  1. Kelas bisnis
  2. Akses penuh untuk website
  3. Mentor selalu mensupport
  4. Memiliki Team work
  5. Mampu berpenghasilan
Perbedaan mendasar dari aktif dan pasif member yaitu pada mindset.

Banyak alasan yang menjadi pemicu nekatnya mereka untuk mengambil tindakan, diantaranya:
  • Ditengah virus mematikan dan pekerjaan lumpuh mencoba bisnis online
  • Butuh pekerjaan yang berpenghasilan cepat
  • Ansuran yang menumpuk
  • Mau berpenghasilan tanpa keluar rumah
  • Dan memang modal nekat (untung dan rugi, tanggung saja)
Mindset seseorang mampu mengubah pola perilaku seseorang. Makanya dari awal kami menyampaikan, jangan paksakan untuk memulai ketika masih ragu.

Kenapa demikian? Ketika Anda telah tergabung dan beralih status ke aktif member. Mampukah Anda untuk menjalankannya?

Menjadi aktif member akan selalu diarahkan oleh mentor untuk langsung melakukan action. Hal terpenting dari bisnis bukan modalnya tapi action.

Jikalau modal jutaan seperti bisnis MLM kalau tidak melakukan promosi maksimal, hasilnya rugi.

Dan mereka yang telah beralih ke aktif member pasti memikirkan hal tersebut. Dan tidak sedikit dari mereka telah merasakan, hasil dari usaha mereka.

Testimoni selalu bermunculan di setiap story Whatsapp mereka, dikarenakan mereka telah merasakan hasil dari usaha mereka.
Action? Jangan tanya kami
Sudah kami sampaikan sebelumnya pasif member mampu berpenghasilan jika Anda memanfaatkan ilmu di Jempol Preneur tapi tidak secepat aktif member.

Premium member menerapkan prinsip team work, saling membantu menyelesaikan masalah, saling bertukar saran atau mensupport satu sama lain, seperti layaknya tim bisnis pada umumnya.

Keanggotaan seperti ini hanya berlaku untuk mereka yang melakukan tindakan nyata.

Sebab tidak menutup kemungkinan, aktif member ada yang memiliki sifat tidak peduli.

Makanya, jangan berkecil hati untuk pasif member. Anda masih bisa untuk memulai seperti mereka dengan serius.

Pelajari ilmu bisnis yang disediakan di aplikasi Jempol Preneur dan mulai untuk action.

Jika Anda ingin beralih status ke aktif member Jempol Preneur, silahkan Anda kunjungi websitenya di
JempolPreneur.id
Perbedaan pasif dan aktif member telah diulas pada tulisan kali ini dan perbedaan yang paling mendasar yaitu:
  1. Mindset
  2. Action
  3. Lingkungan
  4. Nekat
Pertanyaannya.

Apakah pasif member mampu mengubah perbedaan itu dan menyusul aktif member yang sedang bersantai?

Atau

Aktif member yang akan turun dan berbaris bersama pasif member?

Jawaban tersebut ditentukan oleh Anda sendiri.

Inilah artikel ulasan perbedaan pasif member dan aktif member Jempol Preneur.

Jika Anda menyukai artikel ini silahkan Anda bagikan ke sosial media dan jika Anda memiliki tanggapan tentang artikel ini silahkan kirim di kolom komentar.

Salam hangat dari kami, sekian dan terima kasih.

Sunday 3 May 2020

Mengenal Dan Mulai Bisnis Online Dengan Jempol Preneur

Salam hangat dari kami, CaBaca Trends.

JempolPreneur.id itu apa?
Kenapa dikaitkan dengan bisnis online?

Itulah yang akan kami bahas pada artikel ini. Mengulas secara rinci tentang JempolPreneur.id

Jempol Preneur Itu Apa?

JP.id (JempolPreneur.id) adalah sebuah komunitas belajar bisnis dan belajar menghasilkan uang melalui internet.
Komunitas ini belum terkenal seperti halnya bisnis-bisnis lainnya, dikarenakan bisnis ini baru rilis 21 April 2020 dengan resminya. 

Menariknya dari komunitas ini adalah keanggotaannya disatukan dalam aplikasi dari JempolPreneur.id, sehingga mudah untuk mengakses panduan belajar bisnis dan panduan menghasilkan uang melalui internet.

Garda terdepan dari pembentukan komunitas ini salah satunya adalah ZulRahman seorang web designer sekaligus mahasiswa IAIN Parepare.

Berpikir bagaimana cara menghasilkan uang tanpa meninggalkan rumah? Maka komunitas ini terbentuk dan semuanya ada di JempolPreneur.idi

Bagaimana Menghasilkan Uang Melalui JempolPreneur.id?

Menghasilkan uang melalui JP.id adalah dengan cara berdagang.

Kenapa berdagang?
Produknya dari mana?
Tokonya dari mana?
Bagaimana cara mengelolanya?

Anda tidak perlu khawatir untuk masalah seperti itu. Sebab semuanya akan dibimbing oleh mentor yang bersahabat.

Dalam pembahasan ini, menghasilkan uang melalui Jempol Preneur. Anda perlu mengingat bahwa, dalam keanggotaan komunitas ini terbagi dalam dua kelompok yaitu:
  1. Pasif Member
  2. Aktif Member 
Setelah mendaftar di
https://jempolpreneur.com/
Anda akan diarahkan untuk melakukan aktivasi dan tergabung dalam grup Telegram JempolPreneur.id

Semua keanggotaan yang mendaftar akan diberikan akses pasif member hingga dapat mengubahnya ke aktif member.

Bedanya pasif dan aktif member?

Pasif member mendapatkan mengakses aplikasi dan panduan belajar bisnis dari JempolPreneur.id sedangkan, aktif member memiliki akses penuh atas keanggotaannya dan action dalam menghasilkan uang.
  1. Online Shop
  2. Affiliate
  3. Jasa
  4. Reseller 
Anda akan mendapat panduan dan action secara penuh dari para mentor yang bersahabat.

Dan untuk keanggotaannya pasif, Anda tidak perlu berkecil hati. Sebab ada panduan belajar bisnis dan testimoni untuk Anda dari JempolPreneur.id, agar supaya Anda dapat memantapkan tekad untuk beralih ke aktif member.

Kekurangan Dan Kelebihan Jempol Preneur

Kekurangan dari JempolPreneur.id adalah website dan aplikasinya masih memiliki cacat kata dan penumpukan kata, pengelolaan aplikasi terbilang mudah dan ringan tapi halaman terlalu banyak sia-sia, dan aplikasi masih akan terus dikembangkan.

Kelebihan dari Jempol Preneur adalah mampu menyajikan materi dan panduan bisnis, pasif dan aktif member akan tetap mendapatkan ilmu bisnis walau komposisinya berbeda, aktif member akan mendapat akses penuh website dan mampu action dalam menghasilkan uang, mentor bersahabat memudahkan anggota untuk berkomunikasi, dan 100% di support hingga bisa menghasilkan uang melalui internet.

Testimonial 

Inilah beberapa orang yang telah merasakan manfaat dari Jempol Preneur
  • abdulrahmanhakim495
Akhirnya saya menemukan sebuah komunitas bisnis yang luar biasa, disini juga banyak teman baru yang kece-kece dan yang tidak kalah penting yaitu produk2 yg ditawarkan disini adalah kebutuhan yang sangat di cari di era 4.0 saat ini. Saya sangat bersyukur dengan hadirnya komunitas ini, banyak ilmu yang saya dapat dari sini. Terima kasih JempolPreneur
  • husnulhatimah
Berkat jempol preneur saya bisa mambantu keuangan keluarga saya, dan bisa membiayai kuliah dan keseharian saya. Berkat Jempol Preneur saya bisa membeli handphone. Dan berkatnya juga bisa mengenal teman-teman yang bergabung seluruh Indonesia. Bukan hanya ilmu yang saya dapat dari JempolPreneur ini, namun team yang selalu mensupport, Motivasi, praktek juga penghasilan tentunya. Saya bersyukur.
Tidak ada usaha yang sia-sia. Percayalah allah tidak tidur, Allah akan membantu orang-orang yang ingin bekerja keras untuk menafkahi keluarganya dan pendidikannya
  • nurbathin
I love JempolPreneur. Benar adanya! JP membantu saya berpenghasilan mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah perhari
Saya menyesal kenapa JP tidak ada sejak dulu, baru gabung ke premium member selama seminggu saja, incom sudah jutaan
Jadi, tunggu apa lagi? Pilihan ada pada Anda sendiri.
Anda tidak perlu tergesa-gesa memulai bisnis online jika masih ragu dan belum memiliki modal yang cukup.

Keuntungan dan kerja keras ditentukan oleh Anda sendiri dan hasilnya telah disiapkan sejak Anda terlahir, tinggal bagaimana Anda berusaha mendapatkan hasil maksimal.

Jika Anda tertarik? Untuk tergabung di Jempol Preneur, silahkan kunjungi dan lakukan pendaftaran di
https://jempolpreneur.com
Dapatkan ilmu bisnisnya dan lakukan action untuk penghasilannya.

Inilah artikel tentang bisnis online Jempol Preneur. Bisa Anda jadikan tempat menghasilkan uang melalui internet.

Jika Anda menyukai artikel ini silahkan Anda bagikan ke sosial media dan jika Anda memiliki tanggapan tentang artikel ini silahkan kirim di kolom komentar.

Salam hangat dari kami, sekian dan terima kasih.

Friday 1 May 2020

Mengenal Jenis-jenis Perusahaan Manufaktur

Salam hangat dari kami, CaBaca Trends. Pada artikel ini kami akan membahas tentang Jenis-jenis Perusahaan Manufaktur.

Pada umumnya anak ekonomi pasti tahu tentang perusahaan manufaktur itu tapi yang belum, mari simak dengan jelas artikel berikut ini.

Penjelasan Dan Sejarah Perusahaan Manufaktur

Perusahaan Manufaktur merupakan suatu cabang industri yang berfokus pada pengaplikasian mesin, peralatan dan tenaga kerja atau suatu medium proses untuk mengubah suatu bahan mentah menjadi barang yang bernilai jual.

Pada umumnya istilah ini dapat digunakan dalam kehidupan manusia yaitu dari kerajinan tangan sampai ke produksi dengan teknologi tinggi. Namun, tetap saja istilah ini lebih sering digunakan untuk dunia industri yang dimana bahan mentah diubah menjadi barang siap jual dalam jumlah besar.

Manufaktur ada didalam segala bidang sistem ekonomi. Pada ekonomi pasar bebas manufakturing biasanya selalu berarti produksi barang secara massal untuk dijual ke pelanggan dengan hasil mendapat keuntungan.

Kemudian sejarah dan perkembangan perusahaan manufaktur, berasal dari bahasa latin manus factus yang berarti dibuat dengan atau kerajinan tangan. Istilah ini muncul pertama kali pada tahun 1576 dan manufacturing pada tahun 1683.

Proses manufaktur yaitu merubah bahan baku menjadi produk dengan nilai jual, maka dari itu proses ini meliputi:
  1. Perancangan
  2. Pemilihan material
  3. Pembuatan
Namun pada hal yang lebih modern, manufaktur melibatkan pembuatan produk dari bahan baku melalui bermacam-macam proses, mesin dan operasi, mengikuti perencanaan yang terorganisasi dengan baik untuk setiap aktivitas yang di perlukan.

Pada penjelasan ini, manufaktur pada umumnya adalah suatu proses aktivitas yang kompleks dan detail dalam melibatkan berbagai macam sumber daya dan aktivitas:
  1. Perancangan produk, pembelian dan pemasaran
  2. Mesin dan perkakas, manufacturing, dan penjualan
  3. Perancangan proses, production control dan pengiriman
  4. Material, support service dan costumer service
Dengan adanya hal tersebut maka telah melahirkan suatu disiplin ilmu tentang teknik manufaktur.

Meskipun teknik manufaktur pada berbagai perguruan tinggi memiliki ciri khas masing-masing namun selalu ada bagian yang sama pada setiap tekniknya.

Keilmuan teknik manufaktur selalu berbasis kepada aktivitas pembuatan produk manufaktur yang melibatkan berbagai aktivitas dan sumber daya, seperti yang telah di paparkan diatas.

Jika dicermati seksama, bidang ilmu teknik manufaktur sesungguhnya merupakan gabungan yang saling menguatkan dari kelas teknik dan kelas industri.

Kelas teknik mengadopsi ilmu yang terkait dengan perancangan produk dan proses pembuatan. Sedangkan, kelas industri mengadopsi ilmu yang terkait dengan pengelolaan sistem industri manufaktur.

Seperti yang telah dipaparkan pada artikel ini teknik manufaktur berhubungan dengan produk-produk manufaktur.

Sebagai contohnya, arloji, kursi, pensil, kalkulator, hanndphone dan lain-lainnya. Mesin pesawat terbang - 1939, ballpoint - 1938, panggangan roti - 1926, mesin cuci - 1910, AC - 1928, lemari es - 1931, mesin fotocopy - 1949. Semua komponen tersebut dibuat melalui berbagai proses yang disebut manufacturing. Bahkan produk yang mampu membuat produk lainnya masih dalam lingkup manufacturing.

Dengan demikian Anda bisa membayangkan luasnya area industri manufaktur, mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling canggih.

Bagi kebanyakan negara industri hal ini merupakan tulang punggung perekonomian, sebagai aktivitas industri manufaktur menyumbang 20-30% nilai dari produk dan jasa yang dihasilkan pada suatu negara.

Maka dari itu, kenyataan ini telah membuktikan bahwa peluang lulusan teknik/industri masih terbentang luas untuk masa depan yang sukses.

Jenis Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur merupakan komponen terbesar dari pembentukan ekonomi modern sekarang ini.

Konsep manufaktur terletak pada gagasan mengubah bahan baku organik atau anorganik menjadi produk yang digunakan oleh masyarakat.

Biro statistik tenaga kerja Amerika mengklasifikasikan manufaktur menjadi ratusan subfield dan sub-subbidang.

Namun, daftar berikut ini akan menyederhanakan ke dalam enam sektor umum.
  • Pakaian Dan Tekstil
Berbasis di sekitar pengelolaan wol mentah untuk membuat kain, serta merajut dan menjahit untuk membuat pakaian. Industri ini mencakup semua yang terlibat dengan kain dan mencakup semua penggunaan produk wol dan baku lainnya untuk membuat seperti handuk atau selimut.
  • Minyak, Kimia dan Plastik
Sektor ini terlibat dalam mengganti oli bahan kimia, batu bara dan minyak mentah menjadi produk yang dapat digunakan. Bagian dari sektor ini meliputi pembuatan sabun, resin, cat dan pestisida. Hal ini juga mencakup pembuatan obat-obatan. Karet manufaktur dianggap sebagai bagian dari pekerjaan plastik. Tentu saja, itu juga mencakup penggunaan minyak mentah untuk membuat plastik tertentu, serta bensin dan bahan kimia lainnya.
  • Elektronika, Komputer dan Transportasi
Bidang ini erat terkait, meskipun biasanya mereka diperlakukan sebagai bidang yang berbeda. Banyak produk di bidang ini menggunakan daya listrik, dan semua menggunakan sumber daya.

Bidang ini mencakup semua peralatan dan mikro-prosesor, semi-konduktor dan chip. Ini juga mencakup semua peralatan audio-visual. Sektor transportasi mendefinisikan diri, termasuk semua, kereta api mobil dan pesawat yang tidak jatuh di bawah sektor lain, seperti pekerjaan logam atau manufaktur kimia.
  • Makanan
Pangan, pertanian dan peternakan adalah yang paling sederhana dari semua industri manufaktur. Dimasukkannya pertanian ke manufaktur menunjukkan bagaimana pertanian telah berubah selama bertahun-tahun, lebih meniru sebuah pabrik untuk produksi pangan dari pertanian organik-gaya abad yang lalu. Sektor ini mencakup semua bentuk produksi pangan, dari peternakan ke meja makan, termasuk hal-hal seperti pengalengan dan pemurnian
  • Logam
Seiring berkembangnya minyak dan kimia, logam juga merupakan bagian dari apa yang sering disebut 'Industri Berat" sementara sisanya kadang-kadang disebut "Industri Ringan" atau "Berorientasi Konsumen Industri" Logam mencakup semua besi, manufaktur aluminium dan baja, serta keterampilan penempaan, pelapisan ukiran, dan stamping.
  • Kayu, Kulit dan Kertas
Produk-produk ini semua agak sederhana untuk mendefinisikan dan memahaminya.

Kayu mencakup semua bentuk lantai manufaktur atau perumahan, serta menggergaji dan laminating.

Kulit mencakup semua penyamaan dan menyembuhkan (sementara penciptaan pakaian kulit berada di bawah tekstil).

Proses kertas dilambangkan oleh pembersihan dari pulp kayu mentah menjadi produk kertas dari berbagai jenis.

Karakteristik Perusahaan Manufaktur

Karakteristik perusahaan manufaktur memiliki sifat yang berbeda dengan jenis perusahaan jasa. Konsep perbedaan karakter ini menjadi salah satu hal yang menyebabkan perbedaan strategi, kedua jenis perusahaan ini memiliki perbedaan.

Salah satu strategi yang menimbang masalah karakteristik perusahaan manufaktur ini terkait dengan penetapan konsep 4P dalam pemasaran mereka. Yaitu meliputi Product, Price, Place dan Promotion.

Sebuah perusahaan manufaktur harus mempertimbangkan produk apa yang akan mereka ciptakan serta menentukan harga jual pada produk tersebut.

Jika antara produk dan harga sudah terselesaikan, hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah tentang Place, yaitu dimana produk tersebut hendak dipasarkan.

Agar supaya bisa meraih konsumen dalam proses pemasaran produk tersebut, perusahaan harus bisa menciptakan komunikasi pemasaran dalam rangka pelaksanaan proses promosi.

Hal ini demi memperkenalkan masyarakat tentang sebuah produk dan juga nilai penting produk tersebut bagi masyarakat. Selain itu, masyarakat juga akan diedukasi dimana bisa mendapatkan produk yang dipasarkan tersebut.

Sebagai perusahaan yang memproduksi barang, maka karakteristik perusahaan manufaktur lebih bersifat menyeluruh.

Sebab, hal ini terkait dengan sistem yang dijalankan perusahaan tersebut. Untuk jenis perusahaan jasa, tidak melewati masa produksi barang.

Mereka hanya bersifat sebagai perantara antara penyedia kebutuhan dan pengguna saja.

Beberapa karakteristik perusahaan manufaktur menurut teori adalah sebagai berikut: 
  1. Produk yang dihasilkan bisa dilihat secara kasat mata atau memiliki wujud. Sementara pada perusahaan jasa, produk yang mereka hasilkan yakni jasa yang hanya bisa dinikmati hasilnya.
  2. Konsumen tidak memiliki peran dalam proses produksi sebuah perusahaan manufaktur. Dalam karakteristik perusahaan manufaktur ini, konsumen hanya akan menikmati hasil produksi saja.
  3. Konsumen bisa menilai suatu produk saat belum menggunakan produk tersebut atau juga setelah menggunakan produk tersebut. Sedangkan pada perusahaan jasa, seorang konsumen harus mengkonsumsi layanan jasa untuk bisa memberikan penilaian atas produk yang dihasilkan perusahaan jasa.
  4. Untuk proses penyampaian pada konsumen, bisa dilakukan tanpa memerlukan kontak fisik. Salah satunya melalui jasa distributor atau memanfaatkan sistem pemasaran modern menggunakan internet.
  5. Adanya ketergantungan konsumen untuk mencari produk yang ada. Sehingga, produsen memiliki kewenangan mutlak untuk menyediakan jumlah barang di pasaran. Hal ini berdampak pada harga jual sebuah produk. Karena makin sedikit barang yang tersedia, makin tinggi harga produk tersebut jika permintaan tidak berkurang.
Namun, berdasarkan perusahaan dagang, dalam perusahaan manufaktur biasanya terdiri dari tiga macam, yakni:
  • Persediaan bahan baku (raw materials inventory)
  • Persediaan barang dalam proses (work in process inventory)
  • Persediaan barang jadi (finished goods inventory)
Kemudian, biaya manufaktur (Manufacturing Cost)

Biaya-biaya yang terjadi dalam perusahaan manufaktur selama suatu periode disebut biaya manufaktur (manufacturing cost), atau lebih dikenal dengan biaya pabrik.

Biaya ini digunakan untuk menyelesaikan barang yang masih sebagian selesai di awal periode, barang-barang yang dimasukkan dalam proses produksi periode itu dan barang-barang yang baru dapat diselesaikan sebagian di akhir periode.

Pada dasarnya biaya pabrik dapat dikelompokkan menjadi:
  1. Biaya bahan baku (raw materials cost) yaitu biaya untuk bahan-bahan yang dapat dengan mudah dan langsung diidentifikasikan dengan barang jadi.
  2. Biaya tenaga kerja langsung (direct labor cost) adalah biaya untuk tenaga kerja yang menangani secara langsung proses produksi atau yang dapat diidentifikasikan langsung dengan barang jadi.
  3. Biaya overhead pabrik (overhead cost) adalah biaya-biaya pabrik selain bahan baku dan tenaga kerja langsung. Biaya ini tidak dapat diidentifikasikan secara langsung dengan barang yang dihasilkan.

Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

Laporan keuangan perusahaan manufaktur tidak jauh berbeda dengan laporan keuangan perusahaan pada umumnya.

Perbedaan yang paling terlihat hanyalah terdapat dalam rekening-rekeningnya saja.

Perbedaan rekening tersebut terutama karena perusahaan manufaktur melakukan proses pengolahan bahan mentah menjadi bahan jadi. Sedangkan perusahaan dagang tidaklah demikian.

Laporan keuangan biasanya dibuat minimal satu tahun sekali di akhir periode akuntansi.

Laporan keuangan itu sendiri terdiri dari tiga laporan, yaitu neraca atau balance sheet, laporan laba rugi, dan laporan modal atau laporan perubahan posisi keuangan.

Di dalam laporan keuangan perusahaan manufaktur, neraca dan laporan laba rugi lebih digunakan untuk kepentingan manajemen perusahaan.

Sementara laporan posisi keuangan digunakan oleh pemilik perusahaan manufaktur atau para pemegang saham.

Kemudian, pihak yang berkepentingan membutuhkan informasi dalam laporan keuangan diantaranya adalah investor yang menanamkan modalnya, investor potensial yang diharapan akan menanamkan modalnya, pemasok, karyawan atau pegawai, pemberi pinjaman dari bank maupun dari non-bank, konsumen, pemerintah, dan masyarakat umum.

Pihak-pihak yang berkepentingan pada laporan keuangan mempunyai kebutuhan informasi yang berbeda.

Jadi, di samping penyusunan laporan keuangan yang standar, biasanya disertakan pula beberapa informasi yang diminta khusus oleh pemakai tertentu.

Kemudian, keterbatasan laporan keuangan. Meskipun laporan keuangan dapat menunjukkan posisi keuangan suatu perusahaan, namun tidak sepenuhnya laporan keuangan tersebut dapat dijadikan landasan dalam mengambil keputusan manajemen.

Pada laporan keuangan perusahaan manufaktur, biasanya perusahaan manufaktur menyimpan modal yang cukup banyak, sehingga kekeliruan dalam mengambil keputusan tentu memberikan dampak yang tidak sepele. Berikut adalah beberapa keterbatasan laporan keuangan:
  • Laporan keuangan hanya menyediakan data kuantitatif. Dengan kata lain, laporan keuangan mengabaikan beberapa data kualitatif yang mungkin sangat berarti untuk dijadikan bahan pertimbangan. Misalnya tingkat kesetiaan konsumen pada produk, kesan produk di mata pelanggan, kemampuan karyawan atau pegawai yang handal serta profesional, dan lain sebagainya.
  • Laporan keuangan berisi istilah-istilah yang bersifat teknis dan beberapa istilah teknis tersebut lebih sering ditemukan dalam laporan keuangan perusahaan manufaktur. Setiap pembaca, apapun latar belakangnya, akan dipaksa untuk memahami istilah teknis yang tercantum dalam laporan keuangan atau mereka tidak akan memahami isi laporan keuangan yang disodorkan padanya sama sekali.
  • Adanya beberapa variasi metode perhitungan. Hal ini dapat memberikan kesalahpahaman antara akuntan yang menyusun laporan keuangan dan pemakai laporan keuangan. Beberapa variasi metode perhitungan tersebut setidaknya muncul pada metode perhitungan penyusutan aktiva tetap, perhitungan laba rugi perusahaan, dan penilaian persediaan (bahan baku, bahan dalam proses, maupun bahan jadi)
  • Laporan keuangan mengacu pada data-data historis yang telah terjadi di masa lampau Hal ini menyebabkan laporan keuangan tidak dapat dijadikan sebagai satu-satunya sumber rujukan informasi dalam memutuskan suatu kebijakan. Karena di sisi lain, dalam memutuskan suatu kebijakan, haruslah dipertimbangkan pula proyeksi atau kecenderungan atau peramalan terhadap beberapa kondisi di masa mendatang. Sebagai contoh, laporan keuangan perusahaan manufaktur menunjukkan bahwa produknya memberikan laba yang besar di tiap tahunnya. Perusahaan manufaktur tersebut tidak boleh lantas memutuskan untuk meningkatkan produksi sebanyak-banyaknya begitu saja.
Sebelumnya, ia harus mempertimbangkan apakah di masa depan akan muncul produk baru yang lebih inovatif yang dapat menggeser turun penjualannya, atau apakah akan ada kebijakan pemerintah yang berpotensi untuk membatasi pemasarannya atau mungkinkah pesaing akan melakukan strategi penjualan yang bisa memukul mundur perusahaan dan masih banyak lagi bahan pertimbangan lainnya.

Laporan keuangan perusahaan manufaktur berisi beberapa angka taksiran atau perkiraan angka-angka taksiran ini nampak betul dalam penyusutan aktiva tetap, yaitu tanah, bangunan, peralatan kantor, mesin, kendaraan, dan aktiva lain yang digunakan dalam operasi perusahaan.

Angka-angka yang ditaksir dalam perhitungan penyusutan metode garis lurus adalah angka-angka residu dan umur manfaat aktiva yang disusutkan.

Inilah artikel tentang mengenal jenis-jenis perusahaan manufaktur, yang bisa Anda jadikan bahan untuk makalah kuliah Anda.

Jika Anda menyukai artikel ini silahkan Anda bagikan ke sosial media dan jika Anda memiliki tanggapan tentang artikel ini silahkan kirim di kolom komentar.

Salam hangat dari kami, sekian dan terima kasih.

Saturday 21 March 2020

Dampak Virus Corona Terhadap Ekonomi Dunia Dan Keadaan Indonesia

Salam hangat dari kami, CaBaca Trends.

Pada artikel kali ini kami akan membagikan kepada Anda tentang Virus Corona yang berdambak bagi perekonomian dunia dan bagaimana dengan bisnis Anda akibat Virus Corona ini. Simak dengan baik artikel berikut ini.

Virus Corona telah menjadi tranding topik bukan cuma di Indonesia bahkan di berbagai negara. Virus ini membuat negara-negara dibelahan dunia terisolasi, belajar dan bekerja hanya bisa dilakukan di rumah dan juga virus ini telah mendapat perhatian serius dari manusia di seluruh dunia.

Kemudian bagaimana bisa Virus Corona mempengaruhi perekonomian dunia?

Sebagai seorang manusia biasa yang mudah terkena virus. Kekhawatiran manusia akan meningkat secara maksimal dalam keluarga, pribadi dan daerah. Kemudian bagaimana dengan bisnis? Pebisnis juga memiliki khawatiran yang besar terhadap bisnisnya. Kenapa? Karena Virus Corona mengisolasi manusia dari dunia bahkan bagi pebisnis.

Kami akan menjelaskannya dalam artikel ini apa itu Virus Corona? Bagaimana dampak bagi perekonomian dunia? Mengantisipasi terjadinya infeksi Virus Corona?

Apa Itu Virus Corona

Nama 'Corona' berdasar pada adanya cahaya disekitar struktur cincin virus jika Anda melihatnya darimiksroskop. Umumnya ada banyak virus seperti ini, seperti SARS, MERS dan virus lainnya. Dalam hal ini Virus Corona yang dimaksud adalah Virus Corona COVID-19 yang menginfeksi sistem pernafasan seseorang dan gejala yang timbul untuk virus ini yaitu flu, demam, batuk dan sesak nafas.

Menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) cara terbaik agar supaya tidak terinfeksi virus ini dengan menjaga kebersihan tangan, menghindari orang batuk/bersin, dan menjaga jarak terhadapat orang lain di keramaian. Dikarenakan virus ini mudah terinfeksi dari satu orang ke orang lainnya.

Jangan menganggap remeh COVID-19 sebab lebih dari 118.000 kasus dengan virus yang sama di 114 negara dan 4.291 tingkat kematian.

Seperti yang diketahui, berbagai kasus telah terjadi diluar Tiongkok demikian juga dengan Indonesia. Lebih 200 orang yang telah terinfeksi dan lebih 20 orang meninggal dunia serta kurang dari 20 orang disembuhkan.

Bagaimana Dampak Virus Corona Terhadap Ekonomi Dunia dan Pebisnis?

Ada beberapa industri yang telah menerima dampak buruk bagi COVID-19 terutama industri yang bergerak pada bidang barang terutama untuk negara di Tiongkok.

Bukan hanya itu saja akibat Virus COVID-19 nilai mata uang negara Indonesia menurun terhadap Dollar Amerika. 1$ = Rp. 15.779,38 (Data mata uang dari Morningstar) Bukan hanya itu saja, beberapa industri yang ada di Indonesia juga mengalami dampak buruk yang signifikan akibat Virus COVID-19 yang diantaranya, 
  • Industri Manufaktur
  • Pariwisata
  • Pasar Saham
  • Transportasi
  • Dan Industri dan bisnis yang bergerak di sekitar manusia
Namun industri dan bisnis yang mengalami penurunan yang signifikan adalah pariwisata, manufaktur dan perhotelan. Hal ini sangat nampak dikarenakan Anda harus mengisolasi diri Anda dari dunia untuk mencegah terinfeksinya COVID-19.
Kemudian, bagaimana cara agar supaya perekonomian dan pebisnis berjalan dengan baik? Pilihan satu-satunya adalah menunggu perkembangan sebab belum ada kepastian akan situasi ini dan menunggu ada pilihan terbaik sambil menjaga diri dari terinfeksinya COVID-19.

Mengantisipasi Terinfeksinya COVID-19

Kekhawatiran akan terinfeksinya virus ini dapat ditanggulangi dengan beberapa langkah yang dapat Anda lakukan secara pribadi dan bersama orang lain.

Sesuai dengan maklumat pemerintah dan saran dari WHO (Organisasi Kesehatan Dunia)

Mulai Bekerja Dari Rumah

Sesuai dengan maklumat pemerintah, pencegahan terjadinya terinfeksi Virus COVID-19 dengan menetap dirumah dan melakukan pekerjaan kantoran dan mahasiswa dari rumah secara online.

hal ini untuk meminimalisir potensi penyebaran virus yang mungkin akan terjadi dilingkungan Anda.

Menjaga Kebersihan Dan Kesehatan

Virus ini tidak memandang tua ataupun muda, faktanya virus ini menyerang siapapun yang terinfeksi. Maka dari itu menjaga kesehatan bisa Anda lakukan dengan menerapkan pola hidup sehat dengan makan teratur, olahraga dan istirahat yang cukup.

Namun, banyak yang menganggap remeh tentang pola hidup sehat, tidak peduli dengan dirinya sendiri dan orang lain.

Kemudian, menjaga kebersihan sangat penting bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan. Untuk meminimalisir terjadinya terinfeksi virus adalah dengan menjaga kebersihan. Menjauh dari orang-orang yang batuk/bersin ditempat umum, membersihkan tangan secara berkala dan membawa hand sanitizer mini/sedang, serta membersihkan diri setelah melakukan perjalanan.
Mari bersama melaksanakan arahan dari pemerintah dan dokter dalam mengurangi dan mengatasi Virus Corona Covid-19
Jangan tidak peduli dengan sekitar Anda, karena tidak seorang bisa merasa paling beruntung dari intaian COVID-19
Rasa sombong dihadapan perang melawan epidemi COVID-19 sebab setiap satu orang adalah satu diantaranya
Bersatu tanpa berkoar, melaksanakan arahan pemerintah dan dokter adalah pilihan terbaik
Keadaan ini cukup sulit dan penuh tantangan bagi semua pihak karena COVID-19. Namun, kita yakin setiap masalah akan terselesaikan seperti halnya kasus virus flu burung di tahun 2007 dan setiap dari mereka yang peduli akan mendapatkan manfaatnya.

Inilah artikel tentang dampak Virus Coron COVID-19 terhadap ekonomi dunia dan Indonesia.

Jika Anda menyukai artikel ini silahkan Anda bagikan ke sosial media dan jika Anda memiliki tanggapan tentang artikel ini silahkan kirim di kolom komentar.

Salam hangat dari kami, sekian dan terima kasih.

Thursday 19 March 2020

Peluang Usaha Makanan Dan Strategi Pemasaran Untuk Mahasiswa

Salam hangat dari kami, CaBaca Trends. Pada artikel ini kami akan membagikan kepada Anda tentang peluang usaha makanan dan strategi pemasaran untuk mahasiswa yang ingin memiliki usaha sambil kuliah.

Di zaman sekarang ini, sudah tidak mungkin lagi seorang mahasiswa tidak berpenghasilan. Kenapa mereka bisa berpenghasilan? Karena mereka telah mengganti pola pikir dan pola hidup mereka dalam menjalankan bisnis.

Banyak cara untuk mahasiswa menghasilkan uang untuk kehidupan mereka. Seperti menjadi Selebgram, Youtuber, Blogger, berjualan di toko online, jasa pembuatan website, bekerja sebagai Ojol dan masih banyak cara lainnya yang bisa dicoba.
Kemudian, peluang usaha makanan untuk mahasiswa memang bisa juga berpenghasilan? Setiap peluang usaha selalu ada hasilnya antara gagal atau sukses. Tinggal pilih yang mana Anda ingin hasilkan.

Peluang usaha makanan untuk mahasiswa yang bisa dibuat adalah makanan ringan. Dengan modal kecil, peluang usaha makanan ringan ini bisa mahasiswa kerjakan. Ditambah lagi penikmat makanan ringan bukan hanya mahasiswa melainkan anak-anak dan orang tua dapat menikmatinya juga.

Apalagi membuat makanan ringan cukup mudah dan bahan-bahan mudah ditemukan di pasar dan di warung-warung kios terdekat. Peluang usaha makanan banyak jenisnya mulai dari kerupuk, gorengan, roti bakar, minuman dingin dan lain sebagainya.

Bagi mahasiswa yang ingin menjalankan usaha makanan ringan ini. Harus pandai-pandai mengelola waktu, sebab mahasiswa pastinya tidak akan berfokus pada peluang usaha makanan ini. Ada tugas kampus yang mestinya juga dikerjakan. Maka dari itu mahasiswa harus pandai-pandai mengelola waktu.

Dari berbagai pengalaman yang telah diceritakan oleh para pengusaha makanan ringan, dalam membuat usaha ini sukses diperlukan ketekunan dan manajemen yang baik dalam mengelolanya dan bukan hanya itu saja, kreativitas dan inovatif juga diperlukan untuk kesuksesan dan bertahannya usaha ini.

Maka dari itu mari kita simak bersama peluang usaha makanan yang bagus dikerjakan oleh mahasiswa.

MEMILIH MAKANAN RINGAN

Ada banyak jenis makanan ringan terutama di Indonesia, seperti yang kami jelaskan sebelumnya. Memilih makanan ringan bukan hal sulit yang sulit itu adalah membagi waktu antara usaha dan kuliah.

Anda bisa memilih makanan ringan yang mudah dibuat seperti bakso goreng, tahu isi, roti bakar, bakwan, keripik dan gorengan lainnya yang sesuai lidah indonesia.

Dalam memilih makanan ringan Anda harus menemukan makanan yang mudah dibuat dan tidak membuang waktu yang banyak. Keadaan ini bertujuan untuk mengefisiensikan waktu antara kuliah dan usaha Anda.

Biasanya para calon pengusaha melakukan observasi untuk membangun usaha mereka. Mencari data-data untuk sebuah peluang usaha. Sama halnya dengan Anda, harus pandai-pandai dalam melihat konsumen seperti apa yang mereka inginkan.

Ketika Anda telah menentukan usaha makanan ringan seperti apa yang Anda akan buat nanti. Saatnya membentuk tim yang ingin menjalankan usaha ini.

MEMBENTUK TIM SUKSES

Untuk menjalankan usaha makanan ringan di area kampus dibutuhkan tim agar supaya pengelolaannya lebih mudah dan tidak menghambat aktivitas perkuliahan Anda.

Dalam pembentukan tim yang sukses, tidak asalan dalam memilih partner kerja. Sebab dikhawatirkan jika usaha ini akan berhenti ditengah prosesnya.

Kemudian tim seperti apa? Dalam membangun usaha ini.
  • Rekan kerja yang berkualitas
  • Memiliki tujuan yang sama
  • Mempunyai jiwa kebersamaan dan kepercayaan
  • Memiliki pemikiran yang kreatif dan inovatif
  • Rekan kerja yang efisien
Bentuk tim yang ingin berjuang bersama Anda. Mencoba mandiri tanpa harus selalu meminta kepada orang tua.

Ketika tim sukses telah terbentuk. Kemudian lakukan pemasaran untuk usaha makanan ringan Anda.

PEMASARAN GAYA MAHASISWA

Gadget menjadi kebutuhan utama bagi manusia, baik itu dalam kegiatan sehari-hari, pendidikan, dan pemasaran/bisnis serta kesenangan semata.

Kemudian, bagaimana jika digunakan sebagai keuntungan untuk usaha Anda. Dengan smartphone serta aplikasi didalamnya dapat menjangkau satu universitas bahkan dunia sekalipun dengan genggaman Anda.
Dengan usaha makanan ringan yang telah Anda dirikan untuk pemasarannya tidak perlu lagi mengelilingi kampus untuk membuatnya laris.

Anda hanya perlu memotret hasil dari usaha makanan ringan Anda kemudian posting disetiap akun sosial media Anda. Bertujuan untuk.menjangkau mahasiswa dan mahasiswi dikampus Anda. Membagikan ke group umum sosial media bukan hal yang buruk untuk menjangkau lebih luas lagi.

Bagaimana jika usaha ini dijalankan oleh seorang mahasiswa baru? Yang perlu dilakukan adalah memasarkannya ke teman kelas Anda sambil menjalin hubungan yang baik dengan mahasiswa lainnya.

Anda tidak perlu melakukannya sendirian, meminta bantuan teman Anda untuk memasarkannya bukan hal yang buruk juga ditambah lagi usaha makan ringan Anda memiliki rasa yang enak.

Rasa makanan juga termasuk dalam pemasaran. Jadi lakukan yang terbaik dalam membuat makanan yang enak disantap dan dipandang mata.
Manfaatkan gadget sebagai keuntungan bukan merugikan Anda
Inilah artikel tentang peluang usaha makanan ringan untuk mahasiswa. Strategi pemasaran untuk mahasiswa.

Jika Anda menyukai artikel ini silahkan Anda bagikan ke sosial media dan jika Anda memiliki tanggapan silahlan kirim di kolom komentar.

Salam hangat dari kami, sekian dan terima kasih.

Tuesday 17 March 2020

Bagaimana Cara Memulai Usaha Yang Baik Dalam 1 Tahun

Salam dari kami, CaBaca Trends. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan kepada Anda artikel tentang bagaimana cara memulai usaha yang baik dalam 1 tahun. Memulai bertindak sebagai pengusaha untuk sukses ketimbang berdiam diri tanpa melakukan hal yang luar biasa.

Start a small business in 1 year and success? No kidding! but reality can be successful.

Why is that? Because you are in modern times. Where un employment is increasing every year.

Pengangguran di Indonesia bisa meningkat setiap tahunnya bukan karena PEMERINTAH melainkan ada pada diri orang itu sendiri.
  1. Mereka kurang mampu berpikir kreatif dan inovatif
  2. Mereka kurang dalam menemukan peluang usaha
  3. Kurangnya kemampuan individual
  4. CPNS menjadi target pertama untuk pengangguran.
Jika ini salah, berikan komentar Anda.
Sekarang Anda berada pada zaman teknologi, zaman dimana semua hal yang Anda ingin dapat terwujud. Jika Anda mampu memanfaatkan fasilitas tersebut.

Namun yang jadi permasalahan Anda tidak memanfaatkan hal tersebut melainkan dimanfaatkan. Tidak heran, pengangguran meningkat tiap tahunnya.

Maka dari itu, ambillah sebuah tindakan nyata untuk memulai sebuah usaha kecil dan targetkan dalam satu tahun untuk Anda sukses.
Kesuksesan bukan dicari melainkan diusahakan dengan nyata
Anda ingin mengambil tindakan? Simak dengan baik "Memulai Usaha Kecil Dan Sukses Dalam 1 Tahun"

TEMUKAN PELUANG USAHA ANDA

Dalam tahap ini Anda mesti menemukan usaha atau pekerjaan yang membuat Anda senang. Karena bertujuan untuk mengurangi tekanan yang akan Anda terima saat menjalankan usaha Anda.

Anda tidak perlu terlalu berpikir keras saat memulai usaha Anda, cukup dengan tindakan nyata yang konsisten, maka itu sudah cukup untuk membuat Anda sukses di masa depan.

Kenali Diri Anda

Dalam hal ini, Anda mesti mengenal diri Anda dengan sebaik-baiknya, karena pada tahap ini adalah awal buat Anda untuk menemukan peluang usaha Anda. 
  1. Hobi Anda apa?
  2. Keahlian Anda apa?
  3. Bakat Anda apa?
  4. Minat Anda apa? 
Jika Anda tidak mampu menjawab hal tersebut maka cukup Anda mesti tahu, "Pekerjaan yang Anda senangi dan dapat menjadi keuntungan Anda.

Contoh:

Saya ingin membuka usaha sandal, sepatu, baju, celana dan beberapa perlengkapan untuk gaya hidup. Dengan modal kecil.

Maka saya harus memulainya dari yang kecil juga. Dari barang tersebut saya harus memilih yang memiliki potensi pertukarannya yang paling cepat, seperti sandal.

Karena sandal tempatnya di kaki, di injak, bersentuhan dengan tanah dan ketika rusak harus beli baru lagi.

Intinya yang memiliki potensi rusak paling cepat.

Lalu bagaimana dengan usaha lainnya?

Jangan pikirkan usaha lainnya dulu, cukup mulailah dari hal kecil terlebih dahulu. Karena nantinya dengan tindakan nyata dan konsisten Anda. Usaha lainnya akan menyusul.

Manfaatkan Google Sebagai Tempat Belajar

Bagi yang baru memulai usaha tanpa ada pengalaman sekalipun maka Google tempat belajar dan memahami pengalaman orang lain sebagai bahan pelajaran untuk Anda juga.

Sekarang adalah zaman dimana teknologi berkembang dan semestinya Anda juga ikut berkembang. Sebagai seorang yang baru memulai usaha untuk sukses. Anda jangan dimanfaatkan oleh teknologi namun Anda yang mesti memanfaatkan teknologi tersebut.

Kunci dari menjadi seorang pengusaha sukses adalah dengan tindakan nyata dan konsisten

Peluang kesuksesan itu, Anda bisa dapatkan ketika Anda mampu berpikir kreatif dan inovatif.

MANFAATKAN FASILITAS YANG DIBERIKAN GOOGLE

Setelah Anda memulai usaha Anda, seperti contoh yang saya berikan tadi. adalah "sandal" Maka selanjutnya adalah memanfaatkan fasilitas dari Google.

Fasilitas dari Google itu seperti Blogger, Google Analytics, Google Adsense dan beberapa fasilitas lainnya.

Di dunia nyata profesi Anda sebagai seorang pedagang, lain dengan dunia maya. Di dunia maya profesi Anda sebagai seorang penulis. Aktivitas inilah yang disebut dengan blogging atau Anda bisa memilih YouTube.

Blog atau YouTube, salah satu fasilitas terbaik untuk menambah keuntungan usaha Anda.

Caranya cukup mudah, Anda hanya membuat akun Google. Kemudian Anda kunjungi Blogger dan YouTube. Cukup login dan selesai. Karena Blogger dan YouTube telah diakuisisi oleh Google.

Cara memanfaatkannya yang menurut saya sulit. Karena Anda harus konsisten dalam membuat konten yang relevan baik itu di Blog Anda atau Channel Anda.

Blog dapat berpenghasilan paling cepat ketika berumur 7 bulan dan untuk Channel YouTube Anda, dapat berpenghasilan paling cepat ketika syarat dan ketentuannya tercapai. Dengan catatan Sejak dibuat dan pastinya memiliki konten yang relevan dan populer.

PROMOSIKAN USAHA ANDA DENGAN SOSIAL MEDIA

Sosial media menjadi salah satu jalan terbaik untuk melakukan pemasaran. Karena hampir semua pengguna Gadget memiliki sosial media diantaranya Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, Line dan lain sebagainya.

Ketika Anda promosikan produk Anda jangan lupa juga untuk membagikan konten berkualitas Anda kepada calon pembaca di sosial media. Maka hasilnya Anda untung dua kali.

Promosikan produk dengan cara seperti ini cukup efektif, karena Anda mengundang mereka untuk membeli produk Anda. Jika mereka tidak mampu mendatangi Anda, lakukan pengiriman barang via pos.

Anda tidak perlu lagi mengeluh malu melakukannya. Malu pada diri Anda sendiri, pengangguran, lulus kuliah, lulus SMA, masih ikut dengan orang tua. Hal baik yang Anda lakukan adalah awal dari kesuksesan Anda.

Biarkan orang-orang menghina Anda atas apa yang Anda lakukan, nantinya yang Anda lakukan itu dengan baik dan konsisten akan membuat orang-orang yang menghina Anda diam dengan sendirinya.

Cukup mudah untuk melakukan sebuah usaha. Namun yang sulitnya ada pada bagaimana Anda mengelola usaha Anda.

Tindakan nyata belum cukup jika Anda tidak konsisten. Maka lakukan hal itu secara bersamaan.

Di penghujung tulisan ini, Anda bebas memilih tetap menjadi seorang pengangguran atau memulai usaha Anda dari hal yang Anda senangi.

Anda bebas memilih.

Ketika Anda telah memilih, susun rencana dan mulailah bertindak nyata dengan konsistensi yang tinggi.

Inilah artikel tentang memulai usaha sukses yang baik dalam 1 tahun. Bagaimana cara memulai usaha yang baik dan sukses dalam 1 tahun.

Jika Anda menyukai artikel ini silahkan Anda bagikan ke sosial media dan jika Anda memiliki tanggapan tentang artikel ini silahkan kirim di kolom komentar.

Salam hangat dari kami, sekian dan terima kasih.